Friday, November 14, 2014

Mengganti Tema Sublime Text


Bagi anda developer website atau pemrograman lainnya mungkin telah mengenal editor Sublime Text. Editor Sublime Text adalah salah satu editor alternatif yang mungkin dapat anda coba. Selain ringan, tampilan yang begitu simpel tetapi nyaman membuat kita betah ber stres-stres ria pada saat develop sebuah aplikasi. Kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang bagaimana mempercantik tampilan atau layout Sublime Text.

Sublime Text memiliki fitur mengubah tema atau layout sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Hal ini membuat Sublime begitu flexibel dalam sisi tampilan. Mungkin anda akan melihat tampilan Sublime yang berbeda pada beberapa orang yang menggunakan Sublime. Terdapat 2 cara untuk mengubah tema Sublime Text, yaitu melalui package control atau manual.

Tetapi kali ini saya hanya akan menjelaskan proses manual saja, ini dikarenakan beberapa varian Sublime, seperti Sublime Text 3 Portable tidak dapat menggunakan proses via package control. Maka dari itu saya akan menjelaskan cara manual saja, agar semua pengguna Sublime dapat mencoba tanpa harus memikirkan apakah dapat package control atau tidak.

Hal pertama adalah mendownload file tema terlebih dahulu. Banyak server yang menyediakan tema Sublime Text. Saya pernah menggunakan 2 tema yaitu flatland dan spacegray. Ini adalah link yang dapat anda gunakan untuk mengunduh tema tersebut.

Flatland
https://github.com/thinkpixellab/flatland 


Spacegray
https://github.com/kkga/spacegray 

*Catatan: untuk mengunduh file tema, silakan mencari link download zip atau download theme files, pada proses manual.

Jika proses unduh berhasil, silakan extract file tersebut. Setelah itu silakan ubah nama foldernya menjadi Theme – Flatland atau Theme – Spacegray. Setelah itu copy ke foder Packages. Cara mengakses folder tersebut adalah masuk ke Sublime, setelah itu pilih Preferences -> Browse Packages. Akan muncul direktori packages, silakan copy tema ke direktori tersebut.

Nah, untuk mengaktifkan tema silakan buka Sublime kembali. Setelah itu pilih Preferences -> Settings – User. Anda akan menemukan sebuah script simpel yang mengatur tema anda. Silakan ganti skrip tersebut dengan scrip dibawah ini.

Flatland 
{
"theme": "Flatland Dark.sublime-theme",
"color_scheme": "Packages/Theme - Flatland/Flatland Dark.tmTheme"
}

Spacegray 
*kode 1
{
"theme": "Spacegray.sublime-theme",
"color_scheme": "Packages/Theme - Spacegray/base16-ocean.dark.tmTheme"
}

*kode 2 untuk Spacegray Light 
{
"theme": "Spacegray Light.sublime-theme",
"color_scheme": "Packages/Theme - Spacegray/base16-ocean.light.tmTheme"
}

*kode 3 untuk Spacegray Eighties
{
"theme": "Spacegray Eighties.sublime-theme",
"color_scheme": "Packages/Theme - Spacegray/base16-eighties.dark.tmTheme"
}

Untuk tema Spacegray, silakan pilih salah satu kode. Karena tema ini memiliki 3 tampilan yang erbeda. Sehingga ketika anda memasangkan tema Spacegray, anda dapat memilih lagi menggunakan Spacegray jenis apa. Setelah anda memilih kode dan memasang salah satu tema tersebut silakan simpan dan restart Sublime anda. Semoga informasi ini berguna untuk anda.


Afandi Nat
Afandi Nat

Seorang pemuda yang sedang belajar memanfaatkan dunia maya ke hal yang positif. Bukan anak Baperan dan senang bila diajak jalan2 menikmati pemandangan Alam (Apalagi diajaknya sama kamu...,,iya kamu :) )

No comments: