Friday, March 17, 2017

Wisuda Pascasarjana Ilkom UGM

mipa, ugm, pascasarjana, gedung, ilmu komputer

Alhamdulillahi robbil alamin....Akhirnya dapat wisuda juga pada tanggal 19 januari 2017. Akhirnya secara sah menyandang gelar M.Cs setelah dipindahkannya tali toga dari kiri ke kanan :D. Ternyata kuliah S2 tidak semudah yang dibayangkan saat pertama lulus S1 dulu. Kuliah S2 ternyata lebih sulit dari yang dibayangkan, terutama jika anda kuliah di S2 ilmu komputer UGM :p. 
S2, pascasarjana, ugm, ilmu komputer, toga


Saat kuliah di ilkom UGM maka anda akan ditawari 5 pilihan konsentrasi yaitu ilmu komputer, rekayasa perangkat lunak, sistem cerdas, jaringan & sistem tertanam, dan elektronika instrumentasi. Jika anda mengambil konsentrasi ilmu komputer, sistem cerdas, dan RPL maka saya jamin kehidupan kuliah anda akan sering bergulat dengan tugas seperti membuat tugas besar (pemrograman), dll. Namun jika ingin agak nyantai, maka ambilah konsentrasi jaringan komputer & embedded system karena tugasnya sedikit. Saya sendiri memilih konsentrasi jaringan komputer & embedded system jadi bisa agak nyatai dan bisa jalan2 wisata jogja.
Namun jika sudah mengambil Tesis / mengerjakan Tesis, saya kira semua konsentrasi sama saja (sama-sama sudah mengerjakannya). Untuk dapat terbebas dari Tesis adalah 3 tahap yang harus dilalui yaitu ujian proposal, ujian pra-tesis dan ujian tesis. 
Ujian Proposal
Ujian proposal berisi rancangan program/alat yang kita buat, yang klo di laporan tesis masuk dalam BAB I. Namun ada metode penelitian dan timeline pengerjaan. Jangan dipikir ujian proposal ini pasti lulus, sebab di ilkom ujian proposal bisa mengulang, dan mengulangnyapun bisa sampai 2 atau 3 kali bahkan teman saya sampai 7 kali. Saya sendiri ujian proposal sampai 2x ^_^v. Mekanisme ujian proposal adalah 1 peserta diberi waktu 1 jam untuk dibantai  diuji  oleh 3 penguji. Oleh karena itu sebelum jadwal ujian proposal keluar biasanya para mahasiswa sholat dan doa 1/3 malam agar mendapat penguji yang baik :D.
Ujian Pra Tesis
Setelah program/alat dan laporan di ACC oleh dosen penguji, maka dapat pengajukan untuk ujian pra tesis. Ujian ini sama seperti ujian pendadaran saat S1 dulu, hanya saja para ujian pra ini berisi saran-saran dan masukan dari penguji agar saat ujian tesis lebih baik lagi. Biasanya yang dibahas adalah latar belakang, tujuan dan penerapan metode penelitian sedangkan hasil tidak terlalu dibahas, Untuk bobot ujian ini adalah 25% dari total penelitian. Pengujinya ada 3 orang yang sesuai / menguasai topik tesis yang dibuat dan pembimbing juga ikut masuk ruang ujian.
Ujian Tesis
Ini adalah ujian yang paling menentukan bagi masa depan mahasiswa ilkom, apakah dia dinyatakan lulus atau tidak, apakah nilainya A atau B atau C. Ujian ini membahas hasil revisi (saran & masukan) saat pra-tesis sebelumnya. Jika laporan tesis belum ada perubahan sesuai hasil revisi maka siap2 lah dibantai diceramahi penguji, Dan jangan berfikir jika ujian ini pasti lulus, karena kadang ada yang mengulang ujian tesis ini dikarenakan dinyatakan tidak lulus atau karna mendapatkan nilai C.
Dan akhirnya waktu yang dinanti-nanti tiba, pada tanggal 9-9-2016 dinyatakan lulus ujian tesis. Tepat 3 tahun saya menyelesaikan amanah ini. Namun selesai ujian tidak boleh berleha-leha, karena harus segera menyelesaikan revisi dalam jangka waktu 1 bulan jika tidak ingin ujian tesis lagi.
Dan sekarang setelah resmi menjadi alumni UGM, saatnya melangkah ke next level yaitu kerja. Entah nantinya akan bekerja sebagai dosen atau mejadi karyawan perusahaan, biarlah waktu yang menjawabnya. Untuk pengalman melamar dosen, akan saya bahas dipostingan berikutnya, makannya stay tune di blog ini ya ^^.

Sekian,
Semoga Bermanfaat.
Afandi Nat
Afandi Nat

Seorang pemuda yang sedang belajar memanfaatkan dunia maya ke hal yang positif. Bukan anak Baperan dan senang bila diajak jalan2 menikmati pemandangan Alam (Apalagi diajaknya sama kamu...,,iya kamu :) )

1 comment:

Unknown said...

maaf mas mau tanya dulu ambil kelas reg/paket ya?untuk tes masuknya itu susah tidak ya,atau ada gambaran?terimakasih